Wednesday, August 8, 2018

Berani Memohon Kepada Allah SWT - Beranilah Untuk Berubah Jadi Baik


"Dare to beg.." Beranilah meminta kepada Allah, "Dare to change.." Beranilah berubah untuk jadi baik.. 

Setiap orang tentu dalam lubuk hatinya ingin jadi baik, karena fitrah manusia memang seperti itu.. manusia diciptakan untuk mengikuti ajaran agama Islam





“Maka, hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama (Islam); (sesuai) fitrah Allah disebabkan Dia telah menciptakan manusia menurut (fitrah) itu. (QS Ar Rum : 30)

Hanya saja hawa nafsu, pikiran kotor, sifat sombong, serakah, dendam, dan lingkungan pertemanan yang membentuk kita jadi seperti apa? Ditambah lagi makanan dan minuman haram (dari suap, menipu, riba, nyolong, korupsi) yang masuk ketubuh kita telah menjadi nutrisi dan energi yang akhirnya berubah menjadi daging dan darah, masuk ke otak mempengaruhi pikiran kita menjadi condong berpikiran haram atau minimal menganggap remeh yang haram, sehingga yang terucap dan yang dilakukan enteng saja masuk kedalam ranah haram.. seperti memaki, mengumpat, gosip, membully, bersumpah-sumpah sampai terima uang haram, berduaan dengan yang bukan mahram (pacaran), membuka aurat dll

Hadits Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Wahai Sa’ad, perbaikilah (murnikanlah) makananmu, niscaya kamu menjadi orang yang terkabul do’anya. Demi yang jiwa Muhammad dalam genggamanNya. Sesungguhnya seorang hamba melontarkan sesuap makanan yang haram ke dalam perutnya maka tidak akan diterima amal kebaikannya selama empat puluh hari. Siapapun yang dagingnya tumbuh dari yang haram maka api neraka lebih layak membakarnya.” (HR. Ath-Thabrani)

Kadang terbesit niat untuk melakukan amalan baik, tapi selalu saja ada halangan.. selalu ada saja yang membuat niat kita buyar.. seperti pengen rajin sholat tahajud, pas malamnya malah ga bangun, bablas tidurnya lewat waktu subuh lagi..pengen setia gak selingkuh, ada aja godaannya.. pengen ngaji, tapi rasanya kok sibuk terus kerjaan ga ada habisnya..

Solusinya berani ga meminta kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala? meminta sama Allah? kan udah tiap hari doa dan sholat.. Ya maksudnya disini lebih spesifik lagi, lebih niat lagi di minta ke Allah.. diselipkan dalam tiap doa yang diucapkan berulang-ulang, tanpa kenal bosan, tanpa kenal Tapi.. contoh tiap habis sholat dan mau tidur, doa itu harus ada dan diucapkan terus..

"Ya Allah bangunkan aku untuk sholat tahajud malam ini"

"Ya Allah jauhkan aku dari zinah"

"Ya Allah jagalah mulutku agar tidak cerewet terus"

Bebaslah mau minta apa saja, sesuai kebutuhan yang penting diniatkan.. pastilah hasilnya tidak langsung instan, kadang seperti doa itu tidak dikabulkan dan lewat begitu saja.. Udaah.. teruskan saja doanya, muka tembok ga kenal malu panjatkan doa yang sama kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena doa itu memang hak-nya Allah, hanya kepada Allah saja kita wajib meminta..

“Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al Mu’min: 60)

Insya Allah jika diteruskan doa itu berulang-ulang tanpa kenal lelah tiap hari.. akan ada satu titik dimana doa itu akan dikabulkan dan berlaku selamanya sehingga menjadi kebiasaan..

Awalnya memang sulit bangun malam, tapi nanti akan ada sebab yang menyebabkan kita bangun.. entah kebelet ingin buang air kecil, entah jatuh dari tempat tidur, entah dikaplok istri/suami secara tidak sengaja.. kalau yang bujang mungkin kejatuhan cecak dll..sehingga akhirnya jadi kebiasaan terjaga pada 1/3 malam tanpa ada sebab yang membangunkan lagi.

Begitu juga kalau dimintakan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dijauhkan atau dijaga dari zinah, yang awalnya banyak godaan di kantor, banyak yang iseng ngajak main api di wa atau facebook, suka gangguin istri/suami orang, sering dapat tawaran diajak dugem, pijet dan spa.. nanti akhirnya akan reda dan hilang sendiri.. yang awalnya ngebet jadi nggak nafsu, yang awalnya nafsu jadi hambar. 

Ada saja kejadian yang akan menghalangi kita untuk jadi ketemu sama gebetan/selingkuhan, ada saja kejadian yang membuat tidak ada lagi kesempatan dalam kesempitan, termasuk kondisi jadi kurang duit sehingga kalau diajak check in nggak bisa berangkat karena lagi nggak punya duit.. wkwkw..

Jadi "Dare to beg.." beranilah meminta kepada Allah, "Dare to change.." beranilah berubah untuk jadi baik.. Yang penting di Niatkan dan di Lakukan, untuk hasil serahkan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Insya Allah niat baik akan dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Aamiin.


I Copy I Paste I Like I Share I @whalb I

No comments:

Post a Comment